Ok kali ini CCDM akan shared tips untuk menghadapi wawancara kerja. Kali ini CCDM mengambil beberapa artikel dari blog lain supaya para sobat bisa memanfaatkan tips ini dengan baik. Ok langsung saja.

Dalam melamar sebuah pekerjaan baru tentu nya akan ada tahapan wawancara kerja bagi yang telah lolos pada tahapan sebelumnya. Dengan proses wawancara kerja, perusahaan bermaksud mengetahui lebih dalam seperti apa kah diri Anda, baik mengenai pribadi anda maupun mengenai kemampuan anda sebenarnya.
Wawancara kerja adalah hal yang tak kalah penting yang menentukan Anda diterima atau tidak dalam melamar sebuah pekerjaan. Sehingga wawancara kerja harus dipersiapkan sebaik mungkin jangan sampai tahapan yang telah Anda lewati dengan susah payah sebelumnya menjadi sia-sia hanya karena gagal pada saat wawancara kerja.
Berikut ini beberapa Tips dan hal-hal yang perlu digaris bawahi bagi Anda sebelum menghadapi Wawancara Kerja yang bisa CCDM berikan:

Persiapan

Persiapkan diri anda sebaik mungkins sebelum mengikuti wawancara kerja. Persiapkan materi dan mental anda karena jika Anda melakukan persiapan yang baik tentu saja akan mengurangi ketegangan pada saat anda diwawancarai.

 

Cari Tahu Tentang Organisasi

Pelajarilah banyak hal mengenai organisasi karena perusahaan kebanyakan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan organisasi pada saat wawancara kerja. Dengan ini perusahaan berharap dapat membayangkan akan seperti apa organisasi mereka jika anda kemudian masuk menjadi pegawai baru. Jangan lupa untuk mempelajari secara khusus organisasi di perusahaan tersebut.

 

Pahami pertanyaan 

Ketika Anda diberi pertanyaan pada saat wawancara kerja hendaknya untuk memahami pertanyaan tersebut terlebih dahulu sebelum menjawab. jangan sampai jawaban tidak sesuai dengan pertanyakan yang diajukan. Jika pertanyaan kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya kepada pemberi pertanyaan.

 


Mengira-ngira pertanyaan yang akan diberikan

Sebelum melakukan wawancara kerja, hendaknya anda mereka-reka atau mengira-ngira apa saja pertanyaan yang mungkin akan diberikan kepada anda. Biasanya pertanyaan yang ditanyakan tidak akan jauh dari masalah kepribadian Anda, skil yang anda miliki, tentang perusahaan tersebut dan juga tentang posisi yang anda lamar. Siapkan itu.

 

Bertanya

Jangan mengira bahwa Wawancara hanyalah anda diberikan pertanyaan dan harus menjawab, jika dirasa ada sesuatu yang kurang jelas atau anda ingin tahu dari perusahaan tersebut jangan sungkan untuk bertanya.

 

Percaya diri

Aspek psikologis juga akan dinilai ketika anda mengikuti wawancara kerja, pribadi yang percaya diri tentu akan memerikan nilai plus bagi Anda.

 

Datanglah tepat waktu 

Usahakan/harus datang  pada waktu yang tepat seperti yang ditentukan oleh perusahaan, harap diketahui bahwa wawancara kerja merupakan kesempatan pertama bagi anda untuk menunjukkan kepribadian anda kepada perusahaan. Sehingga dengan datang tepat waktu dapat memberikan kesan yang baik dimata perusahaan.

 

Masalah Gaji 

Jangan memulai mengangkat subjek masalah gaji. Biarkan pewawancara memulainya jika memang ingin mereka tanyakan. Jika pewawancara menanyakan gaji yang anda inginkan, jawablah bahwa permintaan gaji anda bersifat terbuka dan bisa dinegosiasikan.

 

Berterimakasih lah setelah diberi kesempatan wawancara 

Setelah selesai melakukan wawancara, anda hendaknya menyampaikan rasa terimakasih anda kepada perusahaan karena telah diberi kesempatan wawancara kerja. Ucapan terimakasih bisa dilakukan dengan mengirimkan surat/email maupun dengan menghubungi telpon aktif perusahaan.

 

Itulah sedikit tips sukses menghadapi wawancara kerja yang dapat kami sampaikan. Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang perlu diperhatikan agar sukses dalam wawancara kerja, namun karena keterbatasan waktu dan ilmu yang kami miliki yang membuat kami hanya bisa menuliskan beberapa tips diatas.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!!!

Sumber :  http://www.lokerjatengnews.com

 
Top